Sabtu, 19 Januari 2008

Mengembalikan/menampilkan File yang disembunyikan virus

Virus seringkali membuat kita jengkel setengah mati. Dan karena itu, banyak orang yang yang alih-alih ingin melindungi komputernya seringkali malah jadi overprotektif.

Bahkan flasdisk teman-teman sendiri kudu harus dicek habis. akan tetapi sebagian diantara kita ada juga yang kurang berhati-hati, yang baru menginstall anti virus setelah terinveksi.

Memang sih setelah di scan virus hilang, akan tetapi terkadang virus meninggalkan bekas di komputer kita. Sebagian dari data-data dari komputer kita hilang bersama dengan lenyapnya virus tersebut.

Jangan khawatir, sebenarnya data anda tidak hilang. Data anda sebenarnya hanya disembunyikan oleh virus pada saat kita belum membersihkan komputer kita, dan akibatnya masih terasa walaupun virus tersebut sudah diberantas. coba aja cek drive anda, kadang-kadang tampak kososng, akan tetapi setelah kita mengecek kapasitasnya dengan klik kanan pada bagian kosong jendela explorer anda, dan menklik properties, akan nampak kapasitas drive kita masih ada (tidak kosong, artinya file sebenarnya masih tersimpan, hanya saja tersembunya). Walaupun kita mencoba mengatasinya melalui folderoption, dengan mencentang “show hidden files” hasilnya tetap sam, file kita tetap masih tidak tampak batang hidungnya.

Untuk menaggulanginya, buka command prompt melalui Start Menu, Run, dan ketik cmd. setelah jendela command promp muncul, ketik :

attrib -h -s -r e:\*.* /s/d

keterangannya -h ialah untuk unhide, e:\*.* itu letak drive yang akan kita munculkan semua isinya jika kita ingin localdisk d maka ketikkan saja d:\*.* , setelah itu coba ketikkan dir tekan enter kalau muncul banyak sekali file itu berarti semua isi dari drive yang kita inginkan kita sudah muncul. selamat mencoba.

Sumber :

Tidak ada komentar: