Kamis, 17 Januari 2008

Pahami 'Omongan' Anjing Lewat Program Komputer

Hungaria - Selama ini Anda mungkin sering menebak-nebak apa makna gonggongan anjing kesayangan Anda. Entah karena rasa penasaran atau apa, sejumlah peneliti ternyata juga kepincut untuk mencari tahu hal itu.

Sebuah program komputer yang diklaim dapat menerjemahkan gonggongan pun dikembangkan oleh para ahli dari Universitas Eötvös Loránd di Hungaria ini.

Seperti dikutip detikINET dari Dailymail, Kamis (17/1/2008), para ahli tersebut menganalisa lebih dari 6.000 gonggongan dari 14 anjing penggembala Hungaria dalam enam situasi berbeda.

Hasilnya, program komputer tanpa nama pun tercipta oleh para ahli ini. Program tersebut dikatakan mampu memahami makna gonggongan anjing saat melihat 'orang asing', 'berkelahi', 'ingin berjalan', 'sendirian', 'mengajak bermain bola' ataupun 'bermain'.

Awal mula pembuatan program ini adalah dengan merekam gonggongan anjing untuk kemudian dianalisa dengan komputer guna dipelajari perbedaan setiap gonggongan. Dilaporkan, ketepatan komputer dalam mengidentifikasi gonggongan di setiap situasi berbeda sebesar 43 persen. Meski demikian, analisa tersebut dianggap lebih baik dari sekadar perkiraan manusia.

Program ini paling akurat dalam mengidentifikasi gonggongan yang berarti 'berkelahi' dan 'orang asing'. Sementara untuk menganalisa maksud 'bermain' program ini dianggap paling lemah.

Hasil penelitian ini mengungkap bahwa anjing memiliki gonggongan yang berbeda, tergantung kondisi emosional mereka. Tim peneliti juga berencana untuk membandingkan gonggongan anjing dari jenis berbeda untuk mengetahui lebih dalam kebiasaan anjing-anjing tersebut.

Sumber : detikINET

Tidak ada komentar: